demo

Mengenal Bisnis Waralaba, Keuntungan, dan Tips Memulainya

Gambar: pixabay.com

Bisnis waralaba di Indonesia memberikan peluang baru bagi Anda yang ingin merintis usaha tanpa modal besar. Metode bisnis ini mulai populer di tahun 1990-an dan terus berkembang hingga tahun ini.

Mengenal Usaha Waralaba yang ada di Indonesia

Bisnis waralaba adalah metode bisnis yang dikelola oleh beberapa individu berbeda dengan menggunakan satu brand yang sudah dikenal namanya. Metode bisnis yang terkenal dengan istilah franchise ini mengikat hubungan kontrak antara franchisor dan juga franchisee.

Dari tahun ke tahun, usaha waralaba yang ada di Indonesia mengalami peningkatan sehingga memberikan banyak keuntungan kepada pengusaha kecil.

Usaha ini bergerak di berbagai bidang, seperti bidang kuliner, jasa, dan lainnya. Jenis usaha ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ada di lingkungan target pasarnya

Keuntungan dari Usaha Waralaba

Ketenaran dari usaha waralaba ini dipicu karena keuntungannya yang menggiurkan. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda bergabung di bisnis waralaba:

      Bisnis ini bisa dimulai dengan cepat dan menghemat waktu

      Anda tidak perlu memikirkan SOP kerja karena sudah diberikan langsung oleh franchisor

      Brand yang Anda pasarkan telah memiliki nama dan pasar

      Lebih sedikit membutuhkan modal

      Biaya promosi ditanggung oleh pihak franchisor

      Bisa mengkonsultasikan pemilihan lokasi strategis berdasarkan pengalaman franchisor

      Sudah melewati proses birokrasi perizinan

      Memiliki manajemen yang solid dan menyediakan pelatihan SDM jika diperlukan

      Keamanan bisnis lebih terjamin

      Memperluas relasi bisnis

      Mendapatkan banyak ilmu dari franchisor yang lebih berpengalaman.

Tips Membuka Usaha Waralaba agar Meraup Keuntungan

Sebelum Anda memulai untuk mengikuti bisnis waralaba 2020, Anda harus memasang strategi terlebih dahulu. Berikut beberapa tips membuka usaha waralaba untuk meraup keuntungan yang besar:

      Sesuaikan bidang usaha dengan passion Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, usaha waralaba ini bergerak di berbagai macam bidang. Anda bisa memilih menggeluti franchise di bidang minuman, makanan, jasa pendidik, membuka minimarket, atau bidang lainnya sesuai dengan passion Anda.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan usaha Anda dalam jangka waktu panjang. Mengelola usaha yang sesuai dengan passion akan meningkatkan potensi keberhasilan dari usaha tersebut.

      Pilih lokasi strategis untuk membuka lapak

Lokasi strategis menjadi faktor penting yang harus Anda riset mendalam. Dalam hal ini Anda bisa meminta pertimbangan atau arahan dari pihak franchisor yang telah berpengalaman sebelumnya.

Biasanya Anda akan diarahkan ke tempat ramai, seperti kawasan wisata, kawasan pendidikan, atau bisa juga dekat dengan lokasi kost mahasiswa.

      Persiapkan modal yang cukup

Dalam menjalankan bisnis apapun, modal menjadi hal utama yang harus dipersiapkan secara matang. Anda harus bisa menyesuaikan karena modal yang dibutuhkan dari setiap bidang dan setiap brand dari franchise berbeda-beda.

Setelah modal terkumpul, saatnya Anda mulai berkreasi dan membuat inovasi agar usaha Anda berjalan lancar.

      Pilih brand yang populer di pasaran

Faktor penting untuk menarik pelanggan adalah dengan memasarkan produk yang telah banyak dikenal dan dipercaya masyarakat. Anda bisa memulai riset dari internet atau bertanya-tanya merk dagang apa yang memiliki jangkauan pasar luas hingga ke lokasi Anda.

      Teliti latar belakang brand yang akan Anda geluti

Banyaknya brand franchise yang ada dipasaran mengharuskan Anda untuk melakukan riset dengan teliti. Pastikan brand tersebut telah terdaftar secara resmi dan bukan brand tiruan abal-abal.

Asal usul brand, detail produk yang dipasarkan, sistem transaksi, SOP dan perjanjian, hingga akun media sosial resmi menjadi hal krusial yang harus Anda tahu.

Daftar Usaha Waralaba Minuman

Salah satu bidang bisnis waralaba kekinian yang banyak digeluti orang Indonesia adalah franchise minuman.

Berikut beberapa daftar usaha waralaba minuman yang bisa Anda coba:

      Franchise dari Khun Thai Tea

Khun Thai Tea merupakan franchise minuman teh thailand yang banyak digemari oleh kalangan muda. Minuman ini memiliki keunggulan rasa khas yang manis dan segar sehingga sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

Anda diberikan pilihan untuk membuka franchise standar atau master franchise sesuai dengan kebutuhan dan modal.

      Franchise dari Kedai Kopi KULO

Kedai Kopi KULO menyajikan berbagai macam kreasi dari racikan kopi yang khas. Varian minumannya yang banyak menjadikan brand ini banyak dilirik dan disenangi oleh kalangan muda di Indonesia.

Daftar Usaha Waralaba Makanan

Bidang lain yang juga banyak diminati di Indonesia adalah franchise makanan, baik makanan manis maupun makanan gurih.

Berikut beberapa daftar usaha waralaba makanan yang bisa Anda coba:

      Franchise dari Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken menjual ayam goreng dengan rasa gurih yang tak kalah nikmatnya dari brand ayam goreng luar negeri. Jika Anda memiliki tempat yang cukup strategis, Anda bisa mengajukan kerjasama dengan brand makanan cepat saji ini.

      Franchise dari Churros Delicio

Churros Delicio merupakan franchise yang menjual makanan churros khas Spanyol dengan cita rasa yang unik. Dengan melakukan kontrak kerja, Anda akan dibimbing untuk membuat churros lezat ala Churros Delicio.

      Franchise dari Kkuldak

Kkuldak merupakan franchise makanan Korea yang banyak diminati karena adanya Korean wave yang menjamur di Indonesia. Makanan yang disajikan di Kkuldak diramu dari bumbu serta bahan baku khusus yang didatangkan langsung Korea.

      Franchise dari Kebab Baba Rafi

Kebab Baba Rafi juga bisa menjadi pilihan franchise yang terbilang menguntungkan di Indonesia. Anda yang telah membeli franchise ini akan dibimbing dan juga dicarikan lokasi strategis untuk berjualan.

Daftar Usaha Waralaba Lainnya

Selain minuman dan makanan, usaha franchise non makanan juga tak kalah menjanjikan. Berikut beberapa daftar usaha waralaba lainnya yang bisa Anda coba:

      Franchise dari Indomaret

Franchise Indomaret sering menjadi jujukan masyarakat Indonesia untuk mencari berbagai kebutuhan harian. Brand ini telah dipromosikan dalam skala nasional sehingga banyak dikenal dan dipercaya oleh berbagai kalangan masyarakat.

      Franchise dari Apotek K-24

Selain makanan, obat juga menjadi kebutuhan pokok yang banyak dicari setiap harinya. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa bekerja sama membuka Apotek K-24 di lahan yang Anda miliki.

      Franchise dari The Clean Bar Laundry

Kesibukan sehari-hari yang sangat padat membuat sebagian orang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya. Dengan menjadi bagian dari franchise The Clean Bar Laundry Anda bisa membuka bisnis dari peluang tersebut.

      Franchise dari JNE

Jika di daerah Anda belum ada jasa kurir JNE, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk bermitra. Brand ini sudah ada di berbagai pelosok daerah di Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait promosi.

Terlepas dari bidang bisnis apa yang hendak Anda geluti, pastikan Anda tetap berkreasi dan berinovasi setiap waktunya. Jalankan bisnis tersebut dengan ikhlas, senang hati, dan penuh tanggung jawab agar terus berjaya. Jadi, bisnis waralaba apa yang hendak Anda jalankan di waktu dekat ini?

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Arial",sans-serif; mso-ansi-language:#0021;} </style> <![endif]-->

Tags:

Send